Tuesday 6 September 2016

PEPES AYAM


Assalamualaikum..

Hari ini mau share masakan yang berhasil bikin saya galau siang ini 😂 hampir aja menyerah, mulai dari bingung koreksi rasa, dan yang terparah saya hampir gak bisa bungkus pepes ini pakai daun pisang 😭 daunnya robek terus, bumbunya bocor kemana2, gak bisa nusuk lidinya ke daun 😂 saran saya sih buat yang amatiran banget kayak saya jangan coba bikin ini tanpa minta ajarin dulu sama orang yang udah jago. Nyesel dulu saya gak pernah belajar sama ibu saya, padahal ibu jagonya bikin pepes, terutama pepes ikan mas. Sekarang ibu jauh di luar kota, jadi susah mau berguru 😭 Ini resep hasil nanya ke ibu via whatsapp. Saya bikin pepes ayam dulu, karena kalau ikan agak lebih ribet plus harus lama ngukusnya biar dapet duri lunaknya. Tapi soal rasa, tentu pepes ikan mas yang juara enaknya. Dulu pepes ikan mas bikinan ibu sampe terkenal di daerah komplek rumah, jadi ibu kalau bikin sekalian banyak, ngukusnya pake langseng yang guede banget karena banyak pesenan orang juga. Ahh jadi curhat tentang pepes, soalnya saya kangen makan pepes. Ini makanan sehat tanpa minyak, tanpa santan, full dikukus masaknya. Makin lama dikukus makin enak rasanya, makin empuk, bumbu makin meresap. Masakan ini juga biasanya dikonsumsi orang-orang yang punya masalah dengan kolesterol. So, makanan sehat gak harus gak enak dong, masih bisa diakalin dengan konsumsi makanan yang dipepes. Oiya maafkan foto pepesnya yang seadanya ya, saya udh pusing soalnya 😆 ditambah udah sore, cahaya matahari udah hampir tenggelam. Yuk intip dulu resepnya.

Pepes Ayam

Source : Ibu

Bahan:
1 ekor ayam,potong sesuai selera (aku potong 8)
Daun pisang secukupnya

Bumbu halus:
6 buah bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 ruas jahe
2 ruas kunyit
1,5 sdm garam
1 sdm gula pasir
Sedikit air

Bumbu lainnya:
Daun salam secukupnya
2 batang serai,iris
Lengkuas secukupnya,iris tipis
Daun kemangi secukupnya (aku gak pakai karena ga punya stok)
3 batang daun bawang,iris
Cabai rawit jika ingin pedas

Cara membuat:
1. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis,diamkan sekitar 15 menit. Kemudian cuci bersih.
2. Tuang bumbu halus ke ayam,lumuri ayam dengan bumbu hingga rata. Jangan lupa koreksi rasa,biarkan rasa bumbu lebih tajam dari seharusnya,karena setelah matang akan berkurang rasanya.
3. Siapkan daun pisang untuk membungkus,masukkan 1 potong ayam,beri bumbu halus,selembar daun salam,seiris lengkuas,beberapa iris serai,kemangi,cabai rawit, dan daun bawang.
4. Bungkus rapi,sematkan lidi,pastikan tidak ada yang bocor.
5. Kukus ayam dengan api kecil selama kurang lebih 2 jam hingga ayam empuk. Sajikan hangat.



No comments:

Post a Comment