Wednesday 21 September 2016

MARTABAK MANIS GREEN TEA


Assalamualaikum..

Yeaaayy akhirnya berhasil juga bikin martabak manis 💃 setelah beberapa kali gagal dan sempet kapok bikin, akhirnya sekarang bisa nyarang sempurna 😊 setelah saya telusuri sepertinya faktor pembuat gagal martabak adalah baking powder dan soda kue yang sudah tidak fresh. Waktu itu kondisi soda kue yang saya punya memang sudah lama disimpan dan jarang dipakai. Akhir-akhir ini karena saya aktif baking, saya membeli soda kue baru dan baking powder double acting. Alhamdulillah yang baru ini tidak pernah mengecewakan. Dipakai bikin muffin dan kue cubit selalu berhasil. Akhirnya saya beranikan diri buat bikin si martabak manis yang udah bikin saya kecewa plus kesel dua kali ini..hihi. Selain itu adonan juga tidak boleh diaduk terlalu lama atau overmix. Cukup diaduk hingga bahan kering dan basah bercampur rata, lalu istirahatkan adonan selama 30 menit. Soda kue harus dimasukkan ketika adonan siap dituang ke teflon yang sudah panas tentunya. Resep ini gak mengecewakan ternyata, pertama eksekusi langsung berhasil dan teksturnya sangat bagus, bersarang dan juga empuk seperti martabak abang-abang. Mesti dicoba ni ya, thanks buat Mbak Oki dari dapurmamaaisyah.blogspot.com, resepnya very recomended! Saya tambahin bubuk greentea di adonannya, tapi kalau gak ada gak masalah ya, jadinya martabak original aja. Toppingnya bisa sesuka hati dan sebanyak yang dimau, jadi pasti lebih puas daripada beli dong! Oia lagi-lagi maafkan fotonya seadanya, keburu-buru foto karena udah mau maghrib, dan akhirnya tetep harus dibantu dipoles pake Snapseed 😅

Martabak Manis Greentea


Bahan:
250 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilla bubuk/vanili (skip
1 1/2 - 1 3/4 sdt greentea powder/matcha
> campur semua bahan di atas, ayak supaya tercampur rata

80 gr gula pasir
350 ml susu cair
2 butir telur
1/4 sdt soda kue
1/2 sdm gula pasir untuk taburan

Bahan isi:
margarin atau mentega
nutella
coklat meses dan/atau keju parut
susu kental manis
dan lain-lain sesuai selera

Cara membuat:
1. Letakkan campuran tepung pada wadah, ayak. Masukkan gula pasir, campur rata kemudian buat lubang di tengah. 
2. Kocok telur dan campurkan ke susu cair, kocok rata lagi dengan handwhisk atau garpu. Tuangkan ke lubang di campuran tepung. Campur rata dengan whisk atau garpu, tapi jangan overmix 
3. Diamkan adonan minimal 30 menit, tutup dengan serbet
4. Menjelang 30 menit, panaskan teflon dengan api sedang hingga panas selama kurang lebih 5 menit
5. Sambil menunggu teflon/pan panas, bagi dua adonan. Masukkan baking soda/soda kue ke salah satu wadah adonan. Aduk rata.
note: soda kue dimasukkan ke masing-masing wadah sesaat sebelum adonan dituang ke teflon.
6. Tuang adonan, agak besarkan api (sedikiiit lebih besar dari api terkecil). Tunggu hingga gelembung-gelembung keluar banyak dan bagian pinggir mulai mengering kemudian taburkan gula pasir.
Tutup teflon dan kecilkan api hingga matang.
7. Setelah permukaan kering (tidak terlalu lengket) dan pinggiran berwarna coklat, segera angkat dan olesi permukaan dalamnya dengan mentega atau margarin, isi dengan isian kemudian lipat dan olesi permukaan kulit luarnya dengan margarin.
8. Ulangi untuk setengah adonan sisa.





No comments:

Post a Comment