Monday 26 September 2016

SOES ISI VLA VANILLA / CHOUX PASTRY


Assalamualaikum..

Sudah beberapa hari ini saya males bebikinan. Awalnya gara-gara pengen bikin kue tapi bahannya ga lengkap, akhirnya jadi buablas malesnya berhari-hari..*jangan ditiru yaaaa..
Hari ini membulatkan tekad untuk memulai baking kembali dan mengumpulkan semangat yang berceceran *pasangikatkepala*. Ehh giliran udah semangat malah bingung mau bikin apa..bolak-balik buka Google sama grup masak buat cari inspirasi. Akhirnya keinget kue yang udah lama gak dibikin, yaitu Kue Soes isi Vla. Kue yang selalu istimewa di mata saya. Kalau lagi di toko kue atau hajatan pasti ngambil kue ini, walau kadang rasanya tidak sesuai yang diharapkan. Saya gak suka vla yang memakai Rhum. Selain karena ketidak-halalannya, saya bener-bener gak suka aromanya, gak enak aja menurut saya..
Dulu sepertinya gak terbayang buat bikin kue soes sendiri, bayanginnya aja kayak yang susah banget gitu. Tapi beberapa bulan lalu saya sempet coba buat soes dengan resep dari buku resep ibu saya, dan ternyata sukses! Kue soes perdana saya benar-benar mengembang cantik. Guratan spuitnya pun jelas terlihat, tidak bleber apalagi bantat. Seneng banget rasanya waktu itu, karena baru belajar masak tapi langsung sukses bikin kue soes. Teringat pengalaman itu langsung saya cari lagi buku resep milik ibu saya itu. Bukunya udah jelek, dengan tulisan sambung ibu saya dan resep yang ditulis seadanya..hahahha..tapi disitu istimewanya buku ini. Setelah ketemu langsung saya ekseskusi resepnya, dan memodif sedikit takaran gula untuk vla-nya karena waktu pertama saya buat rasanya kelewat manis untuk lidah saya. Alhamdulillah eksekusi yang kedua ini juga sukses, dengan komposisi rasa yang lebih pas. Dari pengalaman saya ini, kunci sukses membuat soes itu adalah dengan mengocok adonan kulit sesaat setelah dimasak, sebelum memasukkan telur. Adonan di-mix dengan kecepatan rendah saja agar uap panasnya keluar. Setelah adonan mulai dingin atau hangat-hangat kuku, baru kita masukkan telur satu per satu sambil tetap diaduk menggunakan mixer speed rendah. Setelah rata baru adonan dimasukkan ke pipping bag dan siap dispuit di loyang. Selain trik itu, memanggang soes juga tidak boleh salah. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu yang cukup tinggi (sekitar 180-200 derajat Celcius), baru kita masukkan adonan ke oven. Setelah itu JANGAN membuka oven sebelum soes mengembang dan kulit luarnya kokoh, karena soes akan kempes dan gagal total. Suhu oven bisa diturunkan sedikit setelah soes mengembang agar matang merata dan tidak gosong di bagian bawah. 
Sekian penjelasan panjang lebar ini, semoga gak bosen ya bacanya..hahaha..sekarang kita menuju resepmya. Cekidot!


Soes Isi Vla Vanilla

source : Ibu
By @jill_kitchenbaking

Bahan Kulit:
250 ml air (boleh juga pakai susu cair)
125 gr margarin
125 gr tepung terigu (aku pakai protein sedang)
1/2 sdt garam
3 butir telur ukuran besar suhu ruang
1/2 sdt vanili/pasta vanilla/vanilla essence

Cara membuat kulit:
1. Didihkan air, margarin, dan garam sambil diaduk agar margarin larut.
2. Setelah mendidih, masukkan tepung terigu sambil diaduk cepat hingga adonan rata dan kalis/tidak lengket. Matikan api.
3. Kocok adonan dengan mixer kecepatan rendah hingga suhu adonan turun dan uap panasnya keluar. Setelah adonan agak dingin, masukkan telur satu per satu sambil terus di-mix hingga rata. Masukkan juga pasta vanilla, aduk hingga rata.
4. Masukkan adonan ke dalam pipping bag yang sudah diberi spuit ukuran besar. Siapkan loyang datar yang sudah disemir mentega tipis-tipis. Spuit adonan di atas loyang dengan bentuk melingkar dari arah dalam kemudian naik ke atas seperti kerucut. Lakukan hingga adonan habis,
5. Panggang adonan dalam loyang yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 180-200 derajat celcius (tergantung masing-masing oven, soes butuh suhu tinggi untuk mengembang). Jangan buka oven sebelum soes mengembang dan kokoh. Turunkan suhu oven sedikit ketika soes sudah mengembang sempurna. Panggang selama kurang lebih 20-30 menit hingga warnanya kuning keemasan dan matang. Angkat dan dinginkan.
6. Setelah dingin, gunting kulit soes tapi jangan sampai putus. Isi dengan vla vanilla, sajikan.

Bahan Vla:
400 ml susu cair plain
100 gr gula pasir
50 gr maizena
1 sdt pasta vanilla
1/4 sdt garam
2 buah kuning telur

Cara membuat vla:
1. Campur susu, gula, maizena, pasta vanilla, dan garam dalam panci, aduk rata.
2. Masak ddengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental. Setelah mulai mengental, aduk cepat hingga adonan licin dan mengkilat. Matikan api. Masukkan kuning telur, aduk kembali dengan cepat hingga rata. Dinginkan.
3. Masukkan vla ke dalam pipping bag. Vla siap diisi ke kulit soes.


#soes #sus #kuesus #kuesoes #soesisivlavanilla #resepsoes #resepkuesoes #resepkuesus #jillkitchen

3 comments:

  1. Halo Mba Jill..salam kenal, saya Eva. Saya coba resep Mba Jill dan menurut saya ini yg paling berhasil setelah saya coba2 resep by google😊

    Makasih ya...walaupun saya ga berani nyoba 1 resep...jd cuma setengah resep dgn besar soes yg berbeda2, dan jadinya cuma 7 pcs saja...but happy krn kali ini krg lbh bentuknya seperti soes kebanyakan...bukan pancake lagiπŸ˜‚πŸ˜‚

    Makasih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Eva..salam kenal juga 😊
      Wah senangnya resepnya berhasil ya πŸ˜„ sebetulnya yang penting mungkin step by stepnya yg harus benar ya untuk membuat soes ini bisa mekar cantik. Aku juga perdana bikin kue soes pake resep ini dan langsung sukses 😁 thanks for comment ya 😊

      Delete
  2. Iya....harus diingat telur masuk pada saat adonan tepung tidak panas😊

    ReplyDelete