Wednesday 14 September 2016

PAMPIS TONGKOL SIMPLE


Assalamualaikum..
Salah satu menu hari ini..sebenernya masaknya kemarin sih..hihi. Jadi ceritanya kepengen bikin pampis,kebetulan weekend kemarin ke pasar beli ikan tongkol sekilo lebih soalnya penghabisan dikasih murah sama tukang ikannya 😁 nyampe rumah langsung dikukus,tapi belum dieksekusi karena kepotong lebaran haji. Ini pampis asal-asalan ,ga lengkap bumbunya,ga pedes juga karena buat anak-anak makan. Harusnya pake kemangi sama daun pandan tapi diskip karena ga punya. Jadi apa dong namanya ya?ga tau deh yg penting enak 😆


Pampis Tongkol Ala Jill


Bahan:
1 kg ikan tongkol segar (bisa pakai cakalang atau tuna)
2 batang serai
8 lembar daun jeruk
2 lembar daun pandan (me: skip)
Daun kemangi secukupnya (me: skip)

Bumbu halus:
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
5 buah cabai merah besar
5 buah cabai merah keriting (me: skip)
Cabai rawit merah sesuai selera (me: skip)
2 ruas jahe
2 ruas kunyit

Cara membuat:
1. Cuci bersih ikan, potong2 dan beri air jeruk nipis dan 1 sdm garam. Kemudian kukus ikan hingga matang. Suwir daging ikan, sisihkan.
2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai, daun jeruk, dan pandan yang sudah diiris. Masak hingga bumbu benar2 matang agar tidak mudah basi.
3. Bumbui dengan gula dan garam, tes rasa. Masukkan ikan yang sudah disuwir, aduk rata. Boleh diberi sedikit air. Aduk-aduk terus hingga agak kering. Matikan api.
4. Simpan dalam wadah tertutup. Bisa disimpan di kulkas dan dihangatkan sebentar jika ingin dimakan. Cocok untuk makanan darurat di saat malas masak 😁


No comments:

Post a Comment