Monday 8 August 2016

PIE SUSU EKONOMIS


Assalamualaikum..


Alhamdulillah akhirnya bisa menyelesaikan postingan kedua di blog ini. Sebelumnya saya pengen cerita-cerita sedikit nih tentang keseharian saya. Saya tuh sebenernya bukan orang yang rajin buanget masak. Jujur saya kadang banyakan malesnya dari pada rajin-nya..hehehe. Kalau lagi dateng rajin ya rajin tiap hari masak. Tapi kalo lagi muales puoolll bisa 2-3 hari ga masak..hihi. Saya rasa semua ibu-ibu pernah ngerasain begini ya, apalagi ibu-ibu muda yang masih punya anak-anak kecil, bayi, atau balita yang kalo udah rewel ya bikin buyar konsentrasi kita buat masak. Akhirnya harus ngumpulin sisa-sisa tenaga yang berserakan buat balik ke dapur di saat para bocil udah bobo cantik. Seringkali saya juga harus masak sambil gendong si bontot yang sekarang masih umur 15 bulan. Anak saya yang bontot ini cowok, tapi entah kenapa dia suka banget di dapur. Mulai dari ngacak-ngacak panci sampe bolak balik muterin dapur. Setiap saya masak dia selalu minta digendong, gak mau main sendiri. Dia menikmati banget ngeliatin ibunya masak. Kalau ayahnya lagi libur juga dia selalu ngajak ayahnya ke dapur buat liatin saya masak..hihi. Saya juga bingung, mungkin dia nanti udah besar mau jadi chef kali ya? Aamiin... Ya yang jelas jadi ibu-ibu memang harus sabar dan berusaha mengerjakan semua kewajibannya walaupun berat, karena ibu-ibu itu setroooongg!!!

Back to the topic. Kali ini saya lagi membuat camilan untuk menemani weekend anak-anak dan suami. Karena kebetulan kita lagi ngirit males kemana-mana, jadinya di rumah aja sambil movie marathon. Camilannya request Pak Suami yang lagi kangen sama Pie Susu, katanya Bunda udah lama gak bikin ini. Memang terakhir bikin udah lama banget, hampir setengah tahun lalu kali ya. Untung bahan-bahannya mudah dan biasanya selalu ada di rumah. Berhubung stok telur di kulkas tinggal sedikit, jadilah Pie Susu yang irit telur ini. Resep ini bisa banget loh untuk para bakulers yang mau mencoba menjual Pie Susu dengan harga terjangkau. Rasanya yang manis, legit, harum, bercampur renyah dan gurih dari kulit pie-nya. Hmmm...pasti ga ada deh yang bisa menolak camilan lezat ini. Sewaktu masih di-oven aja si Kakak udah bawel minta kuenya cepet-cepet mateng karena aroma vanilla merebak di dalam rumah. Yuk intip resepnya!



Pie Susu Ekonomis

By Jill's Kitchen

Bahan kulit:
500gr tepung terigu400gr mentega/margarin (aku pakai Royal Palmia)
1 butir telur

Bahan Filling:
1 kaleng/375gr susu kental manis200ml air
1 butir telur
50gr tepung custard/maizena
1 sdt pasta vanilla (aku pakai Toffieco)

Cara membuat:
Kulit:
1. Campur semua bahan kulit dalam wadah, aduk menggunakan sendok kayu atau pisau pastry sampai rata dan tidak lengket di tangan (jika masih lengket boleh ditambah tepung sedikit).
2. Cetak di dalam cetakan pie. Sisihkan.

Filling:
1. Campur semua bahan filling, aduk rata menggunakan whisker. Jika adonan masih bergerindil, saring dengan saringan kawat yang halus.
2. Tuang adonan filling ke dalam pie yang sudah dicetak tadi. Panggang dalam oven suhu 170-180°C selama kurang lebih 1 jam (tergantung oven masing2). Jika sudah matang pie akan terlepas sendiri saat dikeluarkan dari cetakannya. Sajikan.




No comments:

Post a Comment