Thursday 25 August 2016

SAYUR LODEH SUNDA ALA IBU


Assalamualaikum..

Hari ini saya masak sayur lodeh resep dari ibu saya. Resepnya beda dari yang saya liat di berbagai website dan blog, gak paham juga ini sayur lodeh ciri khas mana 😅 tapi yang jelas ibu saya asli urang Sunda dan ayah saya yang juga asli Sunda favorit banget sama sayur ini, apalagi ditemenin sama ikan asin 😁 tapi berhubung suami saya hobinya perkedel jagung,jadi saya bikin perkedel jagung buat temennya si lodeh ini 😊


Sayur Lodeh

Ala Ibu saya

Bahan:1 buah labu siam,potong1 buah jagung manis,potongKacang panjang secukupnya,potongDaun melinjo secukupnyaTempe (kali ini saya skip)Wortel (skip juga)2 sdt terasi (saya pakai 2 buah terasi ABC)2 batang Daun bawang1 buah tomat,potong-potong3 lembar daun salam2 cm Lengkuas,geprek1 bungkus Santan instan kecil (bisa pakai 2 bungkus kalau kurang kental)Air secukupnyaGaram secukupnyaGula pasir secukupnya

Cara membuat:1. Didihkan air dalam panci,rebus sayuran yang keras dahulu (jagung,labu siam,tempe) bersama daun salam dan lengkuas. Setelah setengah matang masukan kacang panjang dan wortel.2. Setelah agak lunak,masukkan terasi,bumbui dengan gula dan garam hingga rasanya pas. Masukkan santan instan, aduk rata jangan sampai pecah.3. Masukkan daun melinjo,daun bawang, dan tomat. Masak hingga daun melinjo layu,matikan api.4. Sajikan hangat bersama ikan asin/perkedel jagung, sambal terasi, dan kerupuk. Endessss! 😁

No comments:

Post a Comment