Saturday 20 August 2016

SPAGHETTI CARBONARA PRAKTIS EKONOMIS


Assalamualaikum..

Lagi-lagi edisi masak cepet dan praktis buat sarapan nih..hehe. Kebetulan masih punya sisa spaghetti dari bikin spaghetti bolognese kemarin. Langsung deh saya kepikiran buat bikin olahan spaghetti favorit saya yang satu lagi, yaitu Spaghetti Carbonara. Jujur saya belum bisa bikin saus carbonara yang super enak seperti di Pizza Hut atau Nanny's Pavillon sih..tapi untuk versi buat sendiri dengan bahan yang mudah dicari sih resep ini lumayan juga. Setidaknya gak perlu menghabiskan hampir lima puluh ribu rupiah untuk seporsi Spaghetti Carbonara..hehe. Sepengetahuan saya sih saus carbonara yang premium itu menggunakan Cream atau yang biasa disebut Cooking Cream. Cream sendiri adalah kepala susu yang mempunyai kandungan lemak yang tinggi, jadi rasanya tentu sangat enak dan membuat saus carbonara ini punya cita rasa yang gurih dan creamy. Ngebayanginnya aja saya sampe ngiler pemirsahhh..huhuhu. Versi ekonomisnya ya saya ganti si cooking cream ini dengan Susu UHT biasa. Rasanya tentu gak selezat yang pakai cooking cream, tapi lumayan juga kok. Untuk pemakaian keju juga tentunya akan lebih sedap jika menggunakan perpaduan antara parmesan cheese dengan mozzarella cheese. Tapi lagi-lagi demi pengiritan kemudahan mencari bahan, saya menggantinya dengan keju cheddar, dan kali ini saya padukan dengan keju oles merk Prochiz yang sudah mendekam di chiller saya cukup lama. Yuk meluncur ke resepnya!


Spaghetti Carbonara Ekonomis


Bahan:
200 gr Spaghetti
3 lembar Smoked beef/beef, iris bacon/beef burger
5 buah jamur champignon/jamur kuping, iris (saya gak pakai karena ga punya stok)
1/4 Bawang bombay, cincang halus
2 siung Bawang putih, cincang halus
300 ml Susu cair plain
100 gr Keju parut (aku keju cheddar campur keju oles prochiz)
1 butir Telur
1 sdt Garam
1/2 sdt Lada hitam bubuk

Cara membuat:
1. Rebus spaghetti di air mendidih,tambahkan sejumput garam dan sedikit minyak. Masak hingga al dente.
2. Panaskan wajan, beri sedikit minyak zaitun. Tumis smoked beef hingga matang, masukkan bawang bombay dan bawang putih.
3. Setelah harum, masukkan jamur dan tumis hingga setengah layu. Masukkan susu cair dan keju. Bumbui dengan garam dan lada hitam. Masak hingga mendidih.

4. Masukkan spaghetti,aduk rata.
5. Masukkan telur,aduk lagi hingga mengental. Matikan api.
6. Sajikan segera.


#spaghetti #spaghetticarbonara #pastacarbonara #sauscarbonara #resepspaghetticarbonara #resepcarbonara #makananenak #resepmasakan #resepkue #berbagiresep #masakanindonesia #makananindonesia #indonesianfood #makanan #masakan #kue #hobimasak #hobimakan #homemade #homemadefood #masakanrumahan #food #foodies #foodphotography #foodporn #foodgasm #foodaddict #foodshare #foodlover #recipes #sharerecipes #jillkitchen

No comments:

Post a Comment