Friday 19 August 2016

SOP DAGING AROMA REMPAH YANG MENGGODA


Assalamualaikum..

Akhir ini cuaca lagi sering hujan dan mendung seharian, bikin nafsu makan jadi bertambah ya...hihihi. Buat yang diet pasti berat banget nih godaan di musim hujan, ga bisa bengong dikit pasti perutnya bunyi minta jatah..wkwk. Kalau saya mah hayu aja turutin mumpung nafsu makan tingkat dewa, soalnya biasanya saya tuh sering kelupaan makan gara-gara rempong sama anak, yang dipikirin perut anaknya melulu, giliran perut sendiri lupa. Sarapannya dirapel bareng makan siang, cemilan paling sisaan anak yang ga habis..huhu nasib-nasib. Alhasil badan saya ini ga pernah gemuk, malah cenderung kelewat kurus. Pengen gemukin dikiiiiiiitttt ajah, ga usah banyak-banyak soalnya saya juga gak mau gendut..hehe..tapi susah, ya itu gara-gara saya sering lupa makan. Loh kok saya malah jadi curhat ini, udahlah back to the topic ya. Musim ujan enaknya makan yang anget-anget dan berkuah dong, apalagi ada aroma rempahnya. Salah satu resep andalan saya ni, favorit saya dan anak-anak, sop daging. Sebenernya sop ini bumbunya sama dengan sop iga, cuma karena saya ga pernah beli iga jadi saya pakai daging aja. Kalau pake iga pasti lebih sedap dan gurih karena kaldu dari tulangnya lebih banyak. Tapi saya males repot, jadi pakai daging aja, pas nyuapin anak-anak gak usah pusing buangin tulang-tulangnya..hahaha! Tapi kalau ada yang mau pakai iga boleh banget loh ya..resep ini pas banget rasanya. Bumbu rempahnya harum dan menggoda banget, kuahnya bening dan segar tapi tetap terasa hangat di tenggorokan. Endess lah menurut saya mah. Gak usah beli sop kambing atau sop iga di luar lagi deh..yuk cek resepnya!

Sop Daging Rempah



Bahan:
500 gram Daging sandung lamur
2-3 liter air
2 buah Wortel
3 butir Kapulaga
1 batang Kayu manis
3 buah Cengkeh
1 buah Kembang lawang
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
1 sdt Kaldu bubuk sapi
2 batang Daun bawang
2 batang Seledri

Bumbu halus:
4 siung Bawang putih
1/4 biji Pala
1/2 sdt Merica butiran

Cara membuat:
1. Didihkan 2 liter air, rebus daging bersama kapulaga, kayu manis, cengkeh dan kembang lawang. Beri garam sekitar 3 sdt.
2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ke dalam rebusan daging.
3. Masak hingga daging empuk. Bumbui dengan gula, kaldu bubuk. Tambahkan air jika dirasa kurang (jumlah air secukupnya sesuai keinginan ya). Cicipi dan bumbui hingga rasanya pas dan sesuai selera. Masukkan juga wortel yang telag dipotong-potong.
4. Setelah daging dan wortel empuk, masukkan daun bawang dan seledri. Matikan api.
5. Taburi bawang goreng, sajikan panas.


#sop #sup #soup #sopdaging #supdaging #sopdagingrempah #resepsopdaging #resepsopdagingrempah #beefsoup #makananenak #resepmasakan #resepkue #berbagiresep #masakanindonesia #makananindonesia #indonesianfood #makanan #masakan #kue #hobimasak #hobimakan #homemade #homemadefood #masakanrumahan #food #foodies #foodphotography #foodporn #foodgasm #foodaddict #foodshare #foodlover #recipes #sharerecipes #jillkitchen

No comments:

Post a Comment