Friday 26 August 2016

MUFFIN KEJU / CHEESE MUFFIN


Assalamualaikum..

Kue yang gampang dan praktis pasti jadi andalan ibu-ibu yang punya anak kecil kayak saya..hehe. Waktu di dapur terbatas karena pasti digangguin anak yang ribut mulai dari minta nyusu,makan,temenin main,dll. Saya punya beberapa resep kue andalan yang mudah,salah satunya saya dapet dari blog-nya Mbak Endang JTT ini. Muffin adalah satu jenis kue yang dibuat tanpa mikser, bertektstur padat namun tidak keras, dan menggunakan baking powder atau soda kue sebagai bahan pengembangnya. Saya sangat suka dengan kue ini karena hampir anti gagal jika mengikuti step by stepnya, selain itu membuatnya juga tidak memakan waktu lama. Pastikan baking powder yang digunakan fresh, sehingga muffin bisa mengembang dengan maksimal, dan jangan mengaduk terlalu lama karena hanya akan membuat muffin menjadi bantat, cukup diaduk asal rata saja menggunakan whisker atau spatula. Muffin ini sangat mudah dibuat dan rasanya yummy!

Muffin Keju Lemon (Lemon Cheese Muffins)

source: www.justtryandtaste.com
Untuk 12 muffin

Bahan:
- 250 gram tepung terigu serba guna
- 120 gram keju cheddar parut
- 150 gram gula pasir
- 3 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh
- 1/4 sendok teh garam
- 2 sendok teh parutan kulit jeruk lemon atau 1 sendok teh essence lemon (aku skip)
- 1 butir telur ayam ukuran besar (aku pakai 2 butir)
- 235 ml susu cair
- 100 gram mentega/margarine, cairkan
- 20 gram keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:
1. Siapkan oven, set disuhu 180'C. 2. Siapkan mangkuk cupcakes dari kertas atau cetakan muffin. Jika menggunakan cetakan, olesi cetakan dengan mentega dan taburi dengan tepung.
3. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan.
4. Di mangkuk terpisah, kocok lepas telur dengan menggunakan garpu atau pengocok telur dari kawat, tambahkan gula, kulit jeruk, garam dan mentega cair. Aduk rata. 
5. Tambahkan tepung terigu dan susu cair secara bergantian, aduk perlahan seperlunya saja hanya agar adonan basah. Jangan terlalu lama mengaduk, tidak perlu khawatir dengan gumpalan-gumpalan kecil tepung seukuran kacang tanah. Pada saat dipanggang gumpalan tersebut akan meleleh. Masukkan parutan keju, aduk rata. 
6. Masukkan adonan dengan tinggi 3/4 cetakan saja, adonan akan mengembang jadi jangan menuang adonan hingga mencapai mulut cetakan. Panggang selama 10 menit, keluarkan kue dari oven, taburi dengan keju parut, panggang kembali selama 15 - 25 menit, atau jika kita tusukkan lidi ke tengah kue maka tidak ada adonan yang menempel.
7. Keluarkan kue dari oven dan sajikan. Yummy!


No comments:

Post a Comment