Friday 12 August 2016

AYAM KECAP NAN SIMPLE


Assalamualaikum..
Mood saya sekarang lagi naik-turun ni..bikin jadi males ke dapur (halasan!) hahaha..tapi emang bener deh kalau abis flu berat plus batuk-batuk tu bikin saya jadi males masak. Pengennya ya tiduran aja sambil main HP, browsing, liat instagram..*digeplak*. Ya walaupun males tetep harus masak ah..biar ga jajan, pan lagi ngirit biar bisa nabung buat beli kamera mirroless impian..AAMIIN! Hari ini saya pilih masak Ayam kecap aja, karena kebetulan ada stok ayam di freezer. Bumbunya juga simple dan ada semua di dapur, jadi ga perlu ke warung, karena selain males masak saya juga males jalan ke warung..hehehehe. Karena ayam kecap itu versinya banyak, bahkan tiap orang bisa beda-beda resepnya, jadi saya share resep ayam kecap yang biasa saya masak di rumah, siapa tau ada yang lagi kayak saya juga, males masak tapi tetep harus masak..hidup males! Yuk lah kita cekidot resepnya.


Ayam Kecap
resep hasil modifikasi saya

Bahan:
1 ekor Ayam, potong sesuai selera
2 sdt Garam

1 sdm Gula merah/gula pasir juga boleh

5 sdm Kecap manis
2 sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:
8 butir Bawang merah
5 siung Bawang putih
5 butir Kemiri
1/2 sdt Merica butiran

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang.
2. Masukkan ayam, masak sampai berubah warna.
3. Masukan air secukupnya, gula, garam, kecap manis. Aduk rata.
4. Masak hingga ayam matang. Jika ayam belum empuk dan air sudah habis,tambahkan air sedikit2 saja.

No comments:

Post a Comment