Thursday 25 August 2016

PERKEDEL JAGUNG KRIUK SUPER ENAK


Assalamualaikum..

Setiap ibu-ibu pasti punya kendala dalam menjalankan hobinya..hehe..Seperti saya ini, kendala saya pas motret makanan itu adalah anak-anak saya 😅 kadang bikin jadi males foto,soalnya ampuunn gerecokinnya..kadang makanan yang udah rapi tau-tau dicomot, properti yg udh ditata tau-tau diacak-acak 😂 makanya saya ga pernah pake banyak properti, kadang foto asal jepret aja yg penting kefoto 😆 Jadi mohon maklum ya kakak-kakak, namanya juga anak balita, kakaknya umur 3th, adiknya 15 bulan..kalau ada saran boleh loh dengan senang hati saya mah terima banget 😊
Btw ini temennya si sayur lodeh tadi. Ini favorit pak suami, kalo dimasakin ini seneng banget dia..hehe. Anak2 juga suka loh,rasanya kriuk2 gurih campur manis jagung. Tepungnya saya pakai sedikit aja,jadi jagungnya lebih berasa, gak seperti makan bakwan jagung yang tepungnya tebel. Ini resep lagi-lagi dari ibu saya tercinta.


Perkedel Jagung

source: Ibu

Bahan:
2 buah jagung manis
1 butir telur
5 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya
1 batang Daun bawang yang besar,iris tipis
2 batang seledri,iris tipis
Jika suka pedas boleh ditambah irisan cabai ke dalam adonan

Bumbu halus:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica

Cara membuat:
1. Haluskan bumbu di atas ulekan batu yang besar. Tambahkan garam dan kaldu bubuk.
2. Masukkan jagung yang sudah dipipil ke dalam ulekan bumbu tadi. Ulek kasar jagung (jangan sampai halus,cukup digerus kasar saja agar pati jagungnya keluar).
3. Pindahkan adonan ke dalam wadah. Masukkan daun bawang,seledri, telur, dan tepung. Aduk rata. Cicipi agar rasanya pas. Jika kurang boleh tambahkan garam.
4. Jika adonan terasa terlalu kental/padat,boleh ditambahkan sedikit air.
5. Goreng adonan sampai kuning keemasan. Angkat dan sajikan hangat.

No comments:

Post a Comment