Tuesday 9 August 2016

SOTO KUNING BOGOR




Assalamualaikum..

Hai semua..apa kabarnya nih? akhir-akhir ini cuaca lagi agak kurang bagus, akhirnya bikin badan kerasa kurang enak. Kemarin saya tiba-tiba kena flu berat, gak tau ketularan dari mana..padahal saya di rumah aja gak pernah kemana-mana. Suami juga gak kena flu, jadi saya sumber virus flu di rumah sekarang..hiks. Paling bete kalau hidung lagi meler begini, kepala pusing, plus kalo malem pasti mampet hidung bikin gak bisa tidur..huhu. Yaudah kalau begini mesti deh dopping pake si tremenza dan CDR, obat plus vitamin andalan saya kalau lagi flu. Karena saya masih menyusui, katanya obat flu yang aman ya cuma tremenza ini. Alhamdulillah saya cocok, bersin-bersin bisa agak berkurang setelah minum obat ini. Eh ini bukan iklan kok..suwer deh..hahaha.

Yaudah dari pada ngomongin obat pilek, mending kita ngomongin makanan. Yang enak dimakan pas cuaca dingin gini pastinya yang berkuah ya. Soto dijamin ga bakal pada nolak deh..hehe. Saya termasuk orang yang demen sama soto, terutama yang bersantan. Yang bening-bening juga suka, apalagi yang bercita rasa segar dengan potongan tomat dan siraman air jeruk nipis..hmmm sedap! Kali ini saya mencoba membuat salah satu soto yang bersantan dan simpel banget bumbunya. Dulu ibu saya suka masak ini, tapi yang saya tau ya namanya Soto Kuning Santan aja, gak tau asalnya dari mana. Pas saya googling resepnya, saya nemu di blog-nya Mbak Diah Didi resep Soto Kuning Bogor. Kayaknya resepnya pas sama yang saya mau. Saya juga sempet whatsapp Ibu saya buat nanyain resep soto kuning ini dan ternyata sama bumbunya dengan punya Mbak Diah. Langsung deh saya eksekusi. Rasanya endesssss...bikin saya kangen sama masakan ibu saya. Anak-anak saya juga pada suka. Bikinnya juga mudah dan cepat asalkan memakai daging sapi yang fresh ya, karena daging sapi kalau sudah dibekukan atau masuk freezer jadi lebih lama empuknya dan otomatis waktu untuk merebusnya juga jadi tambah lama.







Soto Kuning Khas Bogor

source: www.diahdidi.com

Bahan :
250 gram daging bagian tetelan, potong-potong ~ aku pakai 500 gram daging sandung lamur tanpa jeroan
250 gram jerohan campur, babat, iso, ati ( rebus dulu hingga setengah empuk ), potong-potong ~ aku gak pakai
1500 ml santan kental
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk, buang tulang
2 cm jahe, memarkan
1 sendok teh air asam Jawa ~ skip
2 sendok teh garam ( secukupnya )
1 blok bumbu kaldu rasa sapi
1 sendok makan gula pasir

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sendok teh ketumbar sangrai
3 cm kunyit, bakar
1/4 sendok teh merica butiran

Pelengkap :
2 batang daun bawang, potong-potong
2 batang sledri, potong-potong halus
Emping melinjo secukupnya
Sambal rawit, kecap, secukupnya 
Bawang goreng secukupnya

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum.
Masukkan daging dan jerohan.
Masukkan santan dan semua bumbu lain.
Masak hingga bumbu meresap dan daging empuk.
Masukkan daun bawang dan sledri.
Sajikan dengan nasi putih, dan pelengkap sesuai selera. 

No comments:

Post a Comment