Wednesday 17 August 2016

DULCE DE LECHE YANG KEKINIAN


Assalamualaikum..
Pernah dengar Dulce de Leche? dalam bahasa Spanyol, Dulce de Leche berarti "gula-gula susu". Dalam bahasa Indonesia biasa kita sebut juga dengan karamel susu. Di Indonesia ada satu permen yang terkenal dengan rasa karamel susunya, dan memang rasanya enak sekali ya. Waktu kecil dulu permen ini jadi permen eksklusif karena rasanya istimewa dan harganya sedikit lebih mahal dari permen lain. Rasanya pun tidak hanya disukai oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa. Sekarang ini sedang "booming" si Dulce de Leche versi praktis dengan hanya menggunakan susu kental manis. Saya pun penasaran dan ikut-ikutan pengen mencoba..hehe. Kabarnya sih Dulce de Leche ini enak dimakan dengan roti tawar, kue-kue, brownies, atau apapun sesuka hati anda. Awalnya maju mundur deh karena katanya kalau salah sedikit si kaleng susu kental ini bisa meledak! Nah loh..deg-degan kan..hehe. Tapi tenang aja, selama caranya diikutin dengan benar Insya Allah aman kok. Saya pun akhirnya berhasil bikin Karamel susu ini. Rasanya memang enak, persis permen favorit saya itu, tapi dalam bentuk selai/pasta. Kabarnya sih bisa juga dibuat permen, hanya saja proses merebusnya harus lebih lama kemudian disimpan di kulkas hingga keras. Tapi setelah saya mencoba membuat, saya membaca ada yang menyebutkan bahwa cara pembuatan dulce de leche dengan cara merebus langsung di kalengnya ini bisa berbahaya untuk kesehatan. Saya sendiri jujur tidak tahu apa ini benar atau hanya isu belaka, tapi akan saya share juga cara membuat yang tidak harus menyertakan kalengnya. Yuk cekidot resepnya!




Dulce de Leche


Bahan:
Susu kental manis kaleng (katanya paling enak pakai Frisian Flag Gold)

Cara membuat:
1. Lepas label pada kaleng susu,cuci bersih bagian luar kaleng,jangan buka kaleng.
2. Rebus kaleng susu dengan air yang banyak hingga merendan seluruh kaleng selama 3-4 jam. Jika menggunakan magic com jangan lupa tekan tombol cook.
3. Pastikan kaleng terendam sempurna. Kaleng yang tidak terendam full bisa menyebabkan kaleng meledak. Pastikan cek berkala air,jika berkurang bisa ditambahkan.
4. Semakin lama merebus,karamel akan semakin kental dan pekat. Saya menggunakan magic com total 3,5 jam dari awal menekan tombol cook dengan kondisi air masih dingin.
5. Dinginkan sebelum membuka kalengnya.

Cara membuat versi panggang (tanpa kaleng):
1. Buka kaleng susu, tuangkan susu kental manis dalam wadah tahan panas (ramekin/wadah kaca tahan panas). Tutup wadah dengan alumunium foil hingga rapat.
2. Panggang dalam oven dengan teknik au bain marie, yaitu wadah tempat susu diletakkan dalam wadan lain yang lebih lebar dan diisi dengan air. Panggang selama 90 menit.
3. Dulce de Leche siap disajikan.

Tips:
1. Selalu cek jumlah air dalam panci. Air tidak boleh sampai kurang dari tinggi kaleng susu karena bisa menyebabkan kaleng meledak. Untuk versi dipanggang juga pastikan air dalam wadah rendamannya jangan sampai habis ya. (Untuk versi panggang tidak akan meledak, tapi berpengaruh pada tekstur dulce de leche-nya)
2. Waktu merebus sangat menentukan hasil akhir dulce de leche. Semakin lama direbus maka karamel akan semakin pekat dan kental. Ukuran merebus selama 3-4 jam akan menghasilkan tekstur yang pas untuk penggunaan dulce de leche sebagai selai atau olesan roti dan kue.



#dulcedeleche #karamelsusu #resepdulcedeleche #resepkaramelsusu #makananenak #resepmasakan #resepkue #berbagiresep #masakanindonesia #makananindonesia #indonesianfood #makanan #masakan #kue #hobimasak #hobimakan #homemade #homemadefood #masakanrumahan #food #foodies #foodphotography #foodporn #foodgasm #foodaddict #foodshare #foodlover #recipes #sharerecipes #jillkitchen

No comments:

Post a Comment