Thursday 11 August 2016

DONAT WATER ROUX TANPA TELUR


Assalamualaikum..
Apa sih yang dirasain Ibu-ibu kalau anaknya lagi gak mau makan? pasti galau berat ya, kayak saya sekarang..hiks. Anak-anak lagi pada kena batuk pilek, efeknya GTM alias gerakan tutup mulut. Susah banget dikasih nasi. Apalagi anak saya dua-duanya tipe yang gak bisa dipaksa makan kalau bukan mereka sendiri yang mau. Kalau dicekokin malah ngamuk dan makin gak mau makan. Apalagi si bungsu, langsung disembur-sembur makanannya sampai ga bersisa di mulutnya..hihi. Lucu sekaligus pusing liatnya. Harus puter otak gimana caranya biar ada makanan masuk walaupun sedikit. Coba-coba bikin cemilan yang disukai anak-anak tapi mengenyangkan dan kandungan karbohidratnya bisa buat tenaga biar anak-anak gak lemes..hehe. Kebetulan si kakak suka banget sama donat, yaudah langsung cuss deh bikin donat. Kali ini pakai resep donat water roux yang ekonomis tanpa telur. Hasilnya donatnya empuk dan lembut, tapi tetep padat dan bikin kenyang, ga seperti donat yang ngempos banget itu..hehe. Dan karena pakai teknik water roux, donatnya jadi awet empuknya. Bikin sore-sore pas paginya masih empuk lho! Tapi jangan lupa disimpan di wadah yang tertutup ya. Yuk diintip resepnya.


Donat Water Roux tanpa Telur


Bahan 1:
125 ml air (aku ganti dengan susu cair plain)
25 gr tepung terigu

Bahan 2:
50 ml air hangat

1 sdt ragi instan (aku pakai merk saf)

2-3 sdm gula pasir (aku buat manis karena tidak ditabur gula halus lagi)

Bahan 3:

250 gr tepung terigu protein tinggi (aku pakai tepung cakra)

50 gr margarin

Cara membuat:
1. Campur bahan 1 di dalam panci kecil,aduk sampai licin dan tepung larut. Masak dengan api kecil sampai sedikit mengental (seperti bubur tapi cair). Segera matikan api, dinginkan.
2. Campur bahan 2, diamkan selama 15 menit sampai berbusa.

3. Masukan tepung terigu dalama wadah. Masukkan bahan 1 dan 2 ke dalam tepung. Aduk sampai setengah kalis. Masukkan margarin. Uleni sampai kalis dengan cara seperti mencuci baju dengan tangan.

4. Setelah kalis dan adonan cukup lentur, bulatkan adonan, tutup dengan plastik wrap. Istirahatkan adonan di tempat hangat selama 1 jam.
5. Kempiskan adonan, bagi adonan dengan cara dipotong2. Bulatkan adonan dan istirahatkan kembali selama 15 menit.
6. Panaskan minyak goreng dengan api kecil. Buat lubang di tengah adonan (aku memakai mulut botol). Goreng adonan dengan 1x balik sampai kuning kecoklatan.
7. Sajikan.


NB:
Untuk yang suka kesulitan menguleni sampai kalis elastis, saya pun begitu kok! Jarang bisa menguleni sampai benar-benar elastis. Apalagi untuk adonan water roux ini memang agak sulit. Tapi jangan khawatir, menguleni cukup sampai kalis dan adonan sudah cukup halus walaupun belum teramat lentur pun bisa menghasilkan donat dengan bentuk yang bagus kok. Yang penting pastikan ragi yang dipakai masih aktif ya. Selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment